Langsung ke konten utama

Bagaimana sih instalasi live sound system?

Buat kalian yang bingug gimana sih instalasi sound panggung?

Dimana power amplifiernya?
Gimana jalur kabel nya?

Oke, yuk kita intip skematiknya. berhubung kemarin gue baru aja nanya sama Gusti, temen gue yang memang manusia belakang panggung alias sound engineer (kalo versi kearifan lokalnya tukang sound hehehe) dan dia buatin gue skematiknya yang memang gue request agar dibuat simple. 

yuk cekidottt....
diatas adalah instalasi live sound system dengan sistem f.o.h dan monitor panggung

dimana garis merah adalah output mixer, garis oranye adalah input mixer melalui kabel multipair atau yang sering disebut kabel snake. Disini input dari stage dibagi ke mixer f.o.h dan mixer monitor menggunakan splitter yaitu pembagi jalur yang akan membagi 1 buah sumber ke 2 buah target yaitu mixer monitor dan f.o.h sekaligus

"apa fungsinya?"
kata gusti, fungsinya agar masing masing soundman (f.o.h dan monitor) bisa melakukan adjustment (kata gusti bahasa kerennya "mix") tanpa saling mempengaruhi satu sama lain, jadi gak saling ricuh antara f.o.h dan monitor karna mereka punya dunia sendiri (yailaahh, dunia lain kali ckckck) yang gak akan bisa di ganggu gugat oleh satu sama lain dan bisa mendapatkan signal murni dari input.

untuk yang belum tahu bentuk audio splitter box untuk live sound itu seperti apa, cus diliat penampakannya dibawah ini yang merupakan produk dari seismic audio yang tersohor. 
memang sih dia bentuknya mirip kabel snake, hanya saja dia punya 2 bundle output yang bisa di send ke masing masing mixing console (halahh bahasanya mixing console ckckck).

Dan selama ini gue belum pernah kasih lihat dengan jelas gimana wujud asli dari temen gue ini, jadi kesempatan kali ini gue akan perkenalkan kalian dengan Gusti, sang kang sound yang udah sabar gue kasih beribu pertanyaan hahaha..

Dan ini dia penampakan pemuda yang masih berkepala dua itu
Nah itu dia penampakan seorang gusti, yang ngakunya sih jadi pria idaman di kalangan wanita wanita panggung (uwekk) hahaha.
Dia memang seorang pemuda berbakat. ia menuai banyak pujian setelah selesai acara karna walau masih muda, tapi dia tahu persis apa yang dilakukannya.

bahkan master audio lokal memuji kepiawaian dia dalam memutar knob dan berdiri di belakang mixing desk. 
"Suaranya kelassss" ujar suprihono, yang merupakan senior di bidang musik serta sound system
"adem benerrrr" ujar om nandang yang sudah belasan tahun berada di belakang mixing desk
"Ini dia bedanya lantang sama keras, yang ini lantang alias kenceng tapi gak berisik" ujar sudjarwo, yang merupakan penikmat serta pengamat sound engineering sejak 2005.

Kini dia sudah memiliki 3 orang kru dan membuka kesempatan bagi pelajar smk broadcasting untuk turut serta terjun ke dunia audio engineering dengan status magang, dia juga terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar audio engineering tanpa di pungut biaya, disini gue salut sekaligus bergumam dalam hati "baru kali ini lo bener gus" hahaha...

untuk yang berminat, silahkan hubungi gusti di sosial media pribadi dia maupun sosial media perusahaan dia (jiahh perusahaan😂).


Cheerio!

Komentar

  1. Itu yg kotak kotak kosong yg ga da nama.y pa yua boss nama.y,terima kasih boss

    BalasHapus
  2. Ane anak cikarang,masih awam boss

    BalasHapus
  3. Ane anak cikarang,masih awam boss

    BalasHapus
  4. Itu yg kotak kotak kosong yg ga da nama.y pa yua boss nama.y,terima kasih boss

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Sound Engineer, Soundman, dan System Engineer.

Orang-orang di masa kini sering menyalahartikan antara soundman, sound engineer, dan system engineer. Dan kali ini saya bersama gusti akan membahas perbedaan ketiganya. A. Sound Engineer Sound engineer lebih dikenal sebagai penata audio di industri rekaman walau ranahnya tidak hanya di studio rekaman. Sound engineer bertugas sebagai orang yang menentukan dimana speaker harus diletakkan, berapa jumlah watt yang diperlukan, pada ketinggian berapa speaker harus digantung agar optimal, dimana mic harus diletakkan, dan lain lain. B. System Engineer System engineer memiliki pekerjaan yang mirip dengan sound engineer, namun bedanya adalah system engineer adalah orang yang melakukan instalasi peralatan yang digunakan. Baik instalasi perkabelan, penataan input channel, hingga penataan instalasi kelistrikan yang sesuai. C. Soundman  Soundman adalah orang yang mengoperasikan hasil pekerjaan dari Sound Engineer dan System Engineer. Soundman bertugas di belakang audio mixer untuk melakukan

Sound Pabrikan V.s Sound Rakitan, Bagus mana?

Banyak yang bertanya tentang perbandingan antara sound rakitan dengan sound pabrikan, disini saya bersama Gusti berdiskusi tentang perbedaan sound rakitan dengan pabrikan, apa saja bedanya? 1.Sound System Pabrikan Banyak orang berkata bahwa sound pabrikan lebih empuk dan lebih bersih suaranya ketimbang sound rakitan, kenapa? Disini gusti menjawab bahwa sound pabrikan memiliki sebuah perangkat di dalam box / enclosure nya yaitu passive crossover yang berguna untuk menyeimbangkan distribusi power ke masing masing speaker. Kebanyakan sound rakitan tidak menggunakan passive crossover atau biasa disebut loss, makanya hasilnya akan berbeda karna jika tidak menggunakan passiver crossover semua frekuensi akan masuk ke semua driver, seperti mid yang masuk ke dalam tweeter sehingga suara tweeter jadi tidak jernih Kelebihan : Semua sistem sudah dibuat sedemikian rupa dengan perhitungan, sehingga suara akan lebih maksimal, daya tahan yang sudah teruji. Kekurangan : Pengguna sudah tidak bi

Bagaimana agar gitar atau bass bisa masuk mixer tanpa ampli gitar

Banyak yang bertanya, " kok gitar gue masukin langsung ke mixer suaranya kecil ya?Padahal gain nya udah maksimal " Sebenarnya gue pun juga sering bertanya hal yang sama bro, hehehe " kalo bawa ampli gitar / bass kemana mana kan ribet? " Nah disini saya mendapat jawaban, dan lagi lagi dari sound engineer yang saya kenal, tak lain dan tak bukan adalah Gusti. Dia menjawab dengan singkat pertanyaan saya, sedangkan saya sampai tidak bisa tidur memikirkan " Gimana caranya ya, biar gitar bisa masuk langsung ke mixer? " " Pake DI box (baca : dee-eye)" kata Gusti. Spontan, karna saya belum pernah mendengar apa itu DI Box, saya pun bertanya kembali kepadanya. " Apaan tuh DI Box? " " Yah katro, DI box itu simplenya yang ngerubah sinyal unbalanced jadi balanced. Jadi suara input yang kecil bisa jadi 2x lipat lebih gede. " katanya. " bentuknya gimana? " tanya saya lagi. " kaya powerbank, cuma dia ad